Rechercher dans ce blog

Wednesday, March 18, 2020

Anggap Virus Corona Bahaya, Nadiem Makarim Kerja dari Rumah - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan jajarannya bekerja dari rumah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengimbau menjalankan social distancing atau pembatasan interaksi.

Nadiem mulai bekerja di rumah sejak Senin (16/3). Ia menjalankan rapat-rapat secara virtual melalui konferensi video dan telepon, termasuk juga rapat terbatas yang biasanya digelar di Istana Kepresidenan.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, saat ini kami di Kemendikbud menjalankan tugas, pekerjaan, dan rapat-rapat koordinasi dari rumah menggunakan berbagai teknologi konferensi yang telah tersedia," ujar Nadiem dikutip dari keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (18/3).


Nadiem sempat menyebarkan video dirinya tengah di rumah dan menyerukan agar masyarakat mengisolasi diri dan tak bepergian. Dalam video berdurasi sekitar satu menit tersebut, ia mengajak masyarakat agar bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.
"Saya masih melihat banyak sekali orang yang mampu bekerja dari rumah masih saja beraktivitas di luar rumah. Untuk itu saya tekankan beberapa hal. Nomer satu virus corona bukan virus yang bisa diremehkan. ini virus berbahaya dengan tingkat penularan sangat cepat," ujarnya.

Menurutnya, seseorang yang masih beraktivitas di luar rumah tak hanya memunculkan risiko penularan terhadap diri sendiri tetapi juga kepada orang lain yang lebih rentan terhadap virus tersebut.

Pria yang disapa 'mas menteri' oleh Jokowi itu juga sudah menginstruksikan jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja dari rumah. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran No. 36603/A.A5/OT/2020 yang ditujukan kepada jajaran Kemendikbud.

Dalam surat tersebut dinyatakan agar pegawai di Kemendikbud bekerja dari rumah tanpa mengurangi kinerja. Kebijakan ini tidak akan mempengaruhi tingkat kehadiran dan tunjangan kinerja.

Seluruh kegiatan bekerja akan dilakukan dengan memanfaatkan konferensi video, dokumen digital hingga tanda tangan elektronik. Untuk itu sistem yang dikerahkan harus maksimal agar proses bekerja tetap optimal.

Bagi jajaran pegawai yang masih harus datang ke kantor, Kemendikbud menyediakan transportasi khusus sehingga tidak harus menggunakan angkutan umum.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)mengeluarkan surat edaran yang menginstruksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja dari rumah.

Ini berlaku untuk seluruh ASN di instansi pemerintah pusat hingga daerah. Namun untuk pejabat dengan dua tingkat jabatan tertinggi pada instansi tersebut diminta masih datang ke kantor untuk menjalankan layanan masyarakat.

Selain kepada ASN, pemerintah juga mengimbau masyarakat melakukan aktivitas, seperti belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Namun, bukan menetap di rumah, sebagian masyarakat justru memanfaatkan kesempatan itu untuk berlibur ke luar Jakarta. (fey/fra)

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
March 18, 2020 at 01:21PM
https://ift.tt/3a5TqkA

Anggap Virus Corona Bahaya, Nadiem Makarim Kerja dari Rumah - CNN Indonesia
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 key takeaways from Xi's trip to Saudi Arabia - CNN

Editor’s Note: A version of this story appears in CNN’s Meanwhile in today’s Middle East newsletter, a three-times-a-week look inside the r...

Postingan Populer