Rechercher dans ce blog

Saturday, March 14, 2020

Kemenlu Kaji Pembatasan Kedatangan WNA dari Negara Lockdown Corona - Katadata.co.id

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) disebut akan mengkaji kemungkinan pembatasan lebih jauh kedatangan warga negara asing (WNA) dari negara-negara memberlakukan penutupan wilayah alias lockdown imbas penyebaran virus corona.

“Kemenlu akan meninjau kembali,” kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam Konferensi Pers di Jakarta, Sabtu (14/3).

Beberapa pemerintah negara telah menerapkan lockdown atas kota bahkan seluruh wilayahnya seiring lonjakan temuan kasus corona, yang terbaru yakni Denmark dan Filipina.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah membatasi penerbangan dari dan menuju tiga negara episentrum baru penyebaran virus corona, yakni Italia, Korea Selatan, dan Iran.

(Baca: 96 Orang Positif Corona, Potensi Sebaran Meluas ke Berbagai Daerah)

Untuk Italia, Kemenhub telah mengumumkan penutupan seluruh penerbangan dari dan menuju negara tersebut. Saat ini, jumlah temuan kasus infeksi corona di Italia memang merupakan yang tertinggi setelah Tiongkok.   

Selain pembatasan kedatangan WNA, Yurianto menerangkan bahwa masing-masing daerah di Indonesia juga bersinergi untuk pengawasan yang lebih ketat terhadap penyebaran virus corona di wilayahnya. Ini seiring potensi sebaran virus yang semakin luas di Tanah Air.

Pemerintah pun telah membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang dikepalai Kepala BNPB untuk memperkuat sinergi pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah menerapkan strategi baru untuk pelacakan (tracking), yaitu pelacakan berbasis komunitas dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat, bukan lagi berbasis kasus.

(Baca: Umumkan Amerika Darurat Corona, Trump Buka Peluang Dites Segera)

Sejauh ini, telah terdapat 96 kasus positif corona di dalam negeri, sebanyak delapan di antaranya telah dinyatakan sembuh. Penetapan sembuh berdasarkan indikasi yaitu tak ada keluhan fisik, dan dua kali tes menunjukkan hasil negatif. Sedangkan kasus meninggal dunia sebanyak lima orang. Korban meninggal memiliki faktor penyebab lain, selain Covid-19.

Adapun sebaran temuan kasus meluas di antaranya DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk Tangerang; Jawa Barat, termasuk Bandung; Solo, Yogyakarta, Bali, Manado, dan Pontianak. Yurianto menambahkan, tracking juga tengah dilakukan di beberapa daerah lain.

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
March 14, 2020 at 06:15PM
https://ift.tt/2WevgQw

Kemenlu Kaji Pembatasan Kedatangan WNA dari Negara Lockdown Corona - Katadata.co.id
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 key takeaways from Xi's trip to Saudi Arabia - CNN

Editor’s Note: A version of this story appears in CNN’s Meanwhile in today’s Middle East newsletter, a three-times-a-week look inside the r...

Postingan Populer