Rechercher dans ce blog

Wednesday, March 18, 2020

Parah, Kuota Gratis untuk Belajar dari Rumah Marak Disalahgunakan - detikInet

Jakarta -

Meningkatnya penyebaran virus corona membuat banyak sekolah diliburkan dan memaksa siswa untuk belajar dari rumah. Ini adalah alasan Telkomsel memberikan paket bebas akses Ilmupedia 30 GB untuk para pelajar agar bisa belajar secara mandiri dari jarak jauh.

Kuota 30 GB ini seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi e-learning seperti Quipper, Zenius, Ruangguru, Cakap, dan Bahaso. Ada juga XL Axiata yang memberikan kuota gratis 2GB per hari untuk mengakses sejumlah layanan sejenis.

Namun pada praktiknya, kuota ini banyak disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab, yaitu mengalihkan kuota yang seharusnya untuk mengakses berbagai platform e-learning menjadi kuota reguler.

Artinya, kuota yang seharusnya dikhususkan untuk mengakses konten e-learning itu bisa digunakan untuk mengakses hal lain layaknya kuota reguler.

Dari pantauan detikINET, tutorial untuk melakukan hal semacam ini sudah banyak menyebar di dunia maya. Hal ini tentu punya dampak negatif dari berbagai aspek.

Salah satunya adalah mengancam kebebasan anak-anak untuk mengakses layanan e-learning ini secara cuma-cuma. Karena bukan tak mungkin pihak operator seperti Telkomsel sewaktu-waktu mencabut program ini.

Selain itu, aksi mengakali kuota 30 GB ini juga bisa disebut sebagai pencurian karena ada pihak yang dirugikan. Pelaku bisa dijerat Pasal 362 juncto 30, 32 Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Seperti diketahui, Telkomsel menghadirkan paket ilmupedia berisi kuota data 30GB tanpa biaya bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar Telkomsel untuk mengakses platform belajar online dengan syarat dan ketentuan berlaku. Paket ini dapat diaktivasi oleh pelanggan melalui aplikasi MyTelkomsel mulai tanggal 17 Maret 2020, dan akan segera tersedia pada aplikasi LinkAja.

Simak Video "Sekolah Diliburkan Gegara Corona, Ini Alternatif Belajar Gratis via Online"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
March 19, 2020 at 05:42AM
https://ift.tt/33re77Z

Parah, Kuota Gratis untuk Belajar dari Rumah Marak Disalahgunakan - detikInet
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 key takeaways from Xi's trip to Saudi Arabia - CNN

Editor’s Note: A version of this story appears in CNN’s Meanwhile in today’s Middle East newsletter, a three-times-a-week look inside the r...

Postingan Populer