Rechercher dans ce blog

Monday, April 27, 2020

Panduan Orangtua SD Dampingi Belajar dari Rumah di TVRI, 28 April 2020 - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui TVRI meluncurkan program " Belajar dari Rumah" sebagai alternatif belajar di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

"Program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020, dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," jelas Mendikbud Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta pada Kamis (9/4/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menjelaskan program Belajar dari Rumah di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Setiap hari dari Senin hingga Jumat ada siaran pembelajaran untuk semua jenjang dari PAUD sampai SMA/SMK dan program untuk orangtua (parenting).

"Tiap jenjang ada waktu setengah jam. Materi siaran berasal dari berbagai sumber, seperti TV Edukasi yang diproduksi Kemdikbud maupun pihak di luar Kemdikbud," terangnya.

Baca juga: Sinopsis Film Sokola Rimba yang Tayang di TVRI Malam Ini

Selain memberikan jadwal, Kemendikbud juga memberikan panduan bagi orangtua dan guru dalam mengembangkan pembelajaran dari rumah yang ditayangkan di TVRI setiap harinya.

Panduan ini untuk dipraktikkan orangtua saat mendampingi anak melihat tayangan pembelajaran dan/atau sesudahnya.

Lebih kurang 10 menit sebelum program ditayangkan, orangtua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut.

28 April, SD kelas 1-3

Tema: Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Meloncat dan Mengurut Bilangan

Kompetensi dikembangkan:

  • Mengidentifikasi, menduplikasi, dan memperluas pola bilangan;
  • Menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat.

Pertanyaan untuk didiskusikan bersama orangtua:

  1. Nisa bermain loncat angka. Dia mulai berdiri di angka 1. Berikutnya, Nisa meloncat sebanyak satu kali dan ia berada di angka 4. Jika Nisa berada pada angka 1 dan ia melompat sebanyak tiga kali, di angka berapakah Nisa berada?
  2. Arya memiliki bilangan 315, sedangkan Jamal memiliki bilangan 513. Apabila angka 3 pada kedua bilangan milik Arya dan Jamal dijumlah, hasil yang akan diperoleh adalah...
  3. Andi akan membuat bilangan ratusan dari angka 0, 2, dan 5. (a) Berapa banyak bilangan ratusan yang dapat dibuat Andi? (b0 Urutkan bilangan tersebut dari yang terkecil!

28 April, SD kelas 4-6

 

Tema: Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Simetri Lipat dan Sifat-Sifat Bangun Ruang

Kompetensi dikembangkan: Menganalisis bentuk bangun datar dan bangun ruang, dan mendeskripsikan hubungannya berdasarkan ciri-cirinya untuk pemecahan masalah.

Pertanyaan untuk didiskusikan bersama orangtua:

  1. Tentukan jumlah simetri lipat dari bangun datar pada gambar segitiga sama sisi.
  2. Tulislah sifat-sifat bangun ruang limas segittiga sama sisi.
  3. Buatlah dua gambar jaring-jaring kubus lain yang berbeda.

Panduan umum orangtua kelas 1-3

Kompetensi Literasi

Baca juga: Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah TVRI 27 April 2020 SMP Sederajat

1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.

2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.

3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.

4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.

5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.

6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.

7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Kompetensi Numerasi

1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.

2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.

3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.

4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.

5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

Panduan umum orangtua kelas 4-6

Kompetensi Literasi

1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut.

Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.

2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.

Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.

Baca juga: Masjid Agung Banten, Materi Belajar dari Rumah TVRI 27 April SMP

3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Ketika membaca, perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, dan pastikan posisi sikap yang baik.

Jika ditemukan intonasi yang kurang tepat, minta anak untuk mengulanginya lagi. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

4. Jika memungkinkan, seluruh hasil anak didokumenkan dan diserahkan ke sekolah.

Kompetensi Numerasi

1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai.

2. Ingatkan anak untuk menyimak tayangan dengan baik.

3. Mintalah anak menyiapkan sendiri peralatan yang dibutuhkan untuk keperluan belajar mandiri di rumah.

4. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.

5. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.

6. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku.

7. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

8. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan.

9. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
April 28, 2020 at 07:34AM
https://ift.tt/2xbjAUy

Panduan Orangtua SD Dampingi Belajar dari Rumah di TVRI, 28 April 2020 - Kompas.com - KOMPAS.com
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

5 key takeaways from Xi's trip to Saudi Arabia - CNN

Editor’s Note: A version of this story appears in CNN’s Meanwhile in today’s Middle East newsletter, a three-times-a-week look inside the r...

Postingan Populer